Serba-serbi
Kegiatan
VERIFIKASI BPJS
Tahun 2014 Tahunnya  Era BPJS
 
Tahun 2014, masa transisi dalam pelaksanaan Pelayanan Kesehatan  dengan  “ Sistim  Jaminan  Sosial  Nasional “ ( SJSN ) dalam Bidang Kesehatan  melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  ( BPJS )
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor  sejak  tanggal 30  Desember  2013 sampai dengan saat ini  masih dipadati oleh warga masyarakat Kabupaten  Bogor yang datang dari berbagai  wilayah Desa / Kecamatan  dengan berbagai  keperluan yaitu mendapatkan  rekomendasi  jaminan  pelayanan  perawatan  di Rumah Sakit  untuk anggota  keluarganya yang  sedang  mendapatkan  perawatan  rawat  inap, rawat jalan atau yang akan menjalani operasi  baik di Rumah  Sakit Umum Daerah  mililk  Pemerintah, swasta  bahkan ke Rumah  Sakit  Pusat  Rujukan  vertikal  yang berada di Jakarta. Ada  juga yang  konsultasi  untuk mendapatkan penjelasan tentang persyaratan  - persyaratan menjadi peserta  BPJS .
Masyarakat  yang  mendatangi  Kantor Dinkes  ini rata-rata setiap harimya bisa mencapai  200 – 300 orang lebih ,bahkan  Rabu  15 Januari 2014 mencapai  320  orang, yang dilayani oleh Tim Verifikator  Dinkes . Pelayanan dimulai dari jam  08.00 s/d  21.00 WIB  atau  sampai  seluruhnya yang  sudah  terdaftar  terlayani.
Yang di verifikasi itu  adalah  masyarakat  pengguna  Surat  Keterangan  Kurang  Mampu  (  SKKM  ) yang harus  mendapatkan  kepastian  jaminan  biaya  pengobatan / perawatan  di Rumah  Sakit.
Dari  hasil verifikasi  ternyata  pengguna  SKKM tidak seluruhnya  sebagai  Masyarakat Miskin  yang harus dijamin  oleh  pemerintah, bahkan   diawal-awal itu bisa mencapai 80 % yang mandiri untuk membayar premi  sesuai  kesanggupannya  di  kelas  III =Rp 25.500,/ orang / bulan , kelas  II = Rp 42.500,- / orang / bulan dan  kelas  I = Rp  59.500,- / orang / bulan  .    
Sampai dengan hari ini, Senin tanggal  20  Januari  2014, yang sudah diverifikasi oleh Tim  Dinas Kesehatan berjumlah 2664 orang dan proses verifikasi masih terus berlangsung sampai batas waktu yang belum ditentukan.


Print Share :
...