Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Kabupaten Bogor

PMI Kabupaten Bogor Gelar Pertemuan Exit Strategi Program PRB-API

07 Desember 2018 Super Administrator
PMI Kabupaten Bogor Gelar Pertemuan Exit Strategi Program PRB-API

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Selasa, 27 November 2018
Cibinong

Rentang waktu perjalanan kegiatan Program Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) atau yang dikenal dengan Program Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim (PRB-API) wilayah perkotaan  sejak 6 tahun terakhir  (Tahun 2012-2018) yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Bogor bekerjasama dengan PMI Pusat dengan dukungan Palang Merah Amerika (American Red Cross) telah sampai pada kegiatan Exit Strategi yang dilaksanakan pada Selasa (27/11) bertempat di Markas PMI Kabupaten Bogor.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Bogor, Zaenal Syafrudin menuturkan penyelenggaraan kegiatan PERTAMA dilakukan secara terencana, terkoordinasi, menyeluruh dan terpadu dengan menerapkan pendekatan berbasis masyarakat yaitu pemberdayaan kapasitas masyarakat dan ketahanan masyarakat melalui upaya pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim serta kesiapsiagaan tanggap darurat bencana.

Ia menjelaskan, sebagai salah satu wujud nyata dalam peningkatan kapasitas tersebut adalah dengan menyelenggarakan kegiatan kunjungan wilayah program dan diskusi berkelanjutan (lesson learn).

“Dengan adanya kegiatan ini saya harap akan menumbuhkan kepedulian dan minat dari stakeholders untuk ikut terlibat dalam kegiatan pengurangan resiko bencana dan mampu menunjang berkelanjutan program di masyarakat bersama pemerintah dalam mewujudkan kesiapsiagaan serta melaksanakan pendampingan dan tindakan nyata di masyarakat sehingga dapat menyampaikan apa yang menjadi tupoksi dari mitra agar masyarakat tahu dan memahami akan pentingnya kesadaran dalam mengahadapi ancaman bencana,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk menyampaikan pelaksanaan dan pembelajaran dari program PRB-API serta mendorong adanya keberlanjutan dari program PRB-API.

Masih di tempat yang sama, Abidin selaku Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor memaparkan bahwa kegiatan kali ini mengambil tema “bersinergi dalam ketangguhan masyarakat” dimana kegiatan berlangsung selama dua hari pertemuan pada 27-28 November 2018 dengan sasaran dari kegiatan adalah semua pelaku mitra PMI  baik di level Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai dengan Pusat.

“Khusus kegiatan hari ini akan mengunjungi PDUKM di Kelurahan Pondok Rajeg,UPS Kelurahan Sukahati, Kelurahan Karadenan dan Perumahan Waringin Elok di Desa Kedung Waringan,” ungkapnya. (Agung/Diko /Diskominfo Kab. Bogor)


Tentang

JDIH atau Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Jawa Barat adalah UU atau PP..

Info Kontak

Telp: 021 875860 / 8754733 Email: jdih@bogorkab.go.id

Bagikan